TAK BIRU LAGI LAUTKU




        Kali ini saya akan mengulas masalah laut-laut di negri kita yang semakin hari semakin kotor penuh dengan sampah-sampah yang berserakan,lihatlah salah satu contoh gambar laut/pantai yg kotor penuh dengan sampah diatas.di mata luar negri laut kita terkenal akan keindahan pantai yang di taburi penuh dengan pasir putih,air laut yang bersih,tapi mungkin itu dulu sebelum manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab mengotorinya.
          mungkin saat ini manusia belum sadar kalau laut-laut yang kotor itu juga berdampak terhadap kehidupan disekitarnya,misalnya ikan-ikan menjadi tercemar karena air laut yang kotor,nah karena ikanya sudah tercemar oleh racun-racun yang ada di air laut tersebut maka otomatis manusianya juga ikut kena dampaknya donk!!

Dalam hal penangan sampah kadang kita cenderung untuk tidak perduli, yang terpenting buat kita adalah mengenyahkannya sejauh mungkin dari depan hidung kita…
dari fakta yang ada saat ini, jelaslah bahwa masalah utama yang menyebabkan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan adalah karena kebiasaan buruk dan ketidakperdulian warganya sendiri. Dan hal itu mungkin terjadi di seluruh laut indonesia.
         Nah sekarang, bagaimana mengatasinya? Sebetulnya mudah saja, tapi ya tergantung niat juga sih. Buat saja program yang terencana dengan baik dan harus dijalankan dengan konsisten dan terus menerus, alias bukan hanya sekedar proyek percontohan yang konyol dan seringkali hanya jadi trend sesaat yang lazim terjadi di Indonesia. harusnya program jangka panjang atuh!!  Nah, cuman yang susah ya bikin programnya itu, apalagi kalau gak ada duitnya, mendingan pergi studi banding aja terus yang sudah jelas ada alokasi dananya…!!! hahahaha
catatan:
- buat pemerintah yang berwenang tolonglah bikin program untuk masalah seperti ini yang benar-benar lah!!jangan hanya omong dan rencana-rencana doank!!kalo cuma omong burung beo juga bisa!!
-buat masyarakat yang mungkin bermukim di daerah sekitar pantai atau laut tolonglah jangan buang sampah sembarangan!!karena kita sendiri nanti yang akan kena dampaknya!!

8 komentar:

Bunglon Blog mengatakan...

wah bener tu sob, ini masalah yang sangat penting sekali buat dicarikan solusi tapi yang lebih penting adalah menanamkan kesadaran diri untuk tidak membuang sampah sembarangan...
kalo duit dibuang sembarangan mah mending wkwkwk...
sukses sobat!

fahrizal mengatakan...

yah bener tuh sadarnya ga ada sama sekali ... tau aja kan ... rata-rata orang kita males banget buang sampah pada tempatnya ... kalo sadar juga ... paling nggak sungguh-sungguh ... buktinga buang sampah di sekitar bak sampah bukan di dalamnya

FnS mengatakan...

kayaknya budaya bangsa kita belum bisa diandalkan untuk mengatasi pencemaran di laut...tapi klo engk dicoba kapan lagi laut kita kembali biru....
GO Zone

berita bola mengatakan...

aku dukung program kamu sob...
Berita Sepak Bola Dunia

bang salom mengatakan...

ayo, lestarikan laut kita agar kembali biru...
Perguruan Tinggi Idaman

wong cerbon mengatakan...

Apalagi kalau ngeliat laut cirebon / taman Ade Irma Suryani contohnya, tambah sedih rasanya

MAS DOT mengatakan...

Lautku tak biru lagi saran Sob, judulnya dibalik aja biar lebih mak nyos... hehehehe

postingan yang bagus. memang laut sekarang malah dijadikan tmpt buang sampah. pengalaman di p.seribu malah ada yg namanya musim sampah... ngeri sob...

jelly gamat gold g mengatakan...

sayang sekali ya gan laut kita yang dulu indah resih dan asri kini sudah berubah menjadi lautan kesengsaraan sampah berserakan di mana mana
semoga pemerintah sekitar bisa mengatasi masalah ini

Posting Komentar