5.fenomena alam luar biasa!!!


 Berikut ini adalah beberapa fenomena-fenomena alam yang sangat luar biasa yang terjadi di dunia!!!
1. Petir abadi di venezuela

 



Badai yang hampir permanen ini terjadi di atas dataran tanah rawa dimana aliran sungai    Catatumbo mengisi danau Maracaibo. Fenomena ini diperkirakan merupakan pembentuk tunggal terbesar lapisan ozone di bumi, melihat intensitas dan frekuensinya yang tinggi.

Di lokasinya memperlihatkan sekitar 1.176.000 sambaran listrik per tahun, dengan intensitas hingga 400.000 ampere, dan terlihat hingga jarak 400 km. Karena itulah fenomena ini juga digunakan para pelaut sebagai alat bantu navigasi.

Tubrukan angin yang beasal dari pegunungan Andes menimbulkan badai dan petir yang mengikutinya sebagai hasil dari electrical discharge melalui proses ionisasi gas-gas, terutama methan yang dibentuk oleh dekomposisi bahan organik di rawa-rawa. Menjadi lebih ringan dari udara, gas tersebut naik hingga ke awan-awan, mensuplai badai-badai. Beberapa pemerhati lingkungan lokal berharap agar kawasan ini dilindungi oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) karena fenomenanya yang menakjubkan, sumber terbesar regenerasi lapisan ozone di planet bumi.



2.pelangi api indaho


fenomena atmosfer yang dikenal dengan circumhorizonarc atau fire rainbow , akan muncul ketika matahari berada tinggi (lebih dari 58 derajat diatas horizon). Cahaya matahari menembus lurus dan menyinari awan cirrus, sehingga menghasilkan semacam lempengan kristal segi enam dan membentuk efek prisma, yang menyebabkan terlihat pelangi yang berbentuk seperti api
3. cahaya di Northern



terjadi ketika matahari menyemburkan high-energy ion pada kecepatan 300 sampai 1,200 kilometer per detik. awan yang penuh partikel ini disebut plasma, Arus plasma yang berasal dari matahari dikenal sebagai angin matahari. Ketika angin matahari saling bertabrakan dengan tepi medan magnet bumi, sebagian dari partikel unsurnya terjerat dan mereka mengikuti baris gaya magnetis ke dalam ionospher, sekitar 60 sampai 600 kilometer di atas permukaan bumi.

4.Awan mammatus


Awan ini berbentuk seperti kantung yang bergantungan di dasar awan. Awan ini terbentuk dari partikel es, dan masing-masing kantung dapat bertahan dalam bentuk yang sama antara lima sampaiu sepuluh menit. Bentuk awan seperti ini pada umumnya akan menjadi tanda adanya badai atau sistem cuaca berbahaya yang lain.

5.Batu berjalan




misteri batu berjalan packed-mud di gurun Death Valley telah menjadi pusat perdebatan para saintis selama beberapa dekade, batu dengan berat beratus ratus pon bergerak beratus ratus yard pada waktu yang sama..
Beberapa ilmuwan sudah mengusulkan bahwa suatu kombinasi dari es permukaan dan angin badai kuat menyebabkan pergerakan ini. Bagaimanapun juga teori ini tidak menjelaskan bukti dari batu yang berbeda mulai berdampingan dan bergerakkan pada tingkat yg berbeda dan di arah yg berlainan. Lebih dari itu ilmu fisika kalkulasi tidak secara penuh mendukung teori ini ketika angin dengan kecepatan beratus

Sumber : komunitas esc 

0 komentar:

Posting Komentar