POTRET ANAK JALANAN


Anak jalanan adalah sebuah istilah umum yang mengacu pada anak-anak yang mempunyai kegiatan ekonomi di jalanan, namun masih memiliki hubungan dengan keluarganya tapi ada juga yang sudah tidak memiliki keluarga Tapi hingga kini belum ada pengertian anak jalanan yang dapat dijadikan acuan bagi semua pihak
Situasi anak jalanan di Indonesia itu cukup memprihatinkan karena sampai hari ini masalah-masalah anak, khususnya pada anak-anak yang berada di jalanan ini, belum mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Jumlahnya terus-menerus meningkat.

Sementara program-program pengentasan dari pemerintah tidak tau apa, mereka hanya lebih mengamankan peraturan-peraturan daerah di mana anak-anak tidak dibenarkan hidup di jalanan. Anak-anak dianggap sebagai pengganggu keamanan kota dan sebagainya, sehingga pendekatan yang dilakukan oleh negara, ketika dia menangani anak jalanan, hanyalah untuk menyelamatkan peraturan daerah, untuk kepentingan-kepentingan kekuasaan. Bukan substansi akar masalah dari anak-anak itu'.
Untuk menyelesaikan masalah anak jalanan, kita berharap bahwa negara punya kewajiban untuk mengentaskan mereka dari kemiskinan itu. Kemiskinan jangan dipakai sebagai kambing hitam, tapi kemiskinan struktural, tindakan-tindakan negara yang harus melindungi mereka, baik itu di jalanan, melindungi mereka dari hak-hak mereka mendapat akses pendidikan dan sebagainya'.
sebenarnya  seperti apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah anak jalanan ini?'
apa anda pembaca sekalian punya solusi untuk masalah ini???

9 komentar:

kang suroto mengatakan...

Anak jalanan adalah tanggung jawab bersama soalnya kalau ngandelin pemerintah ngak jalan2, sibuk ngurusin diri mereka sendiri,..

mas doyok mengatakan...

harusnya kita bersyukur dan bisa ngambilhikmah ya

Bento mengatakan...

ayo kita berbuat sesuatu sebisa kita untuk membantu sodara2 kita yg ada di jalanan!!
yah minimal kita jangan segan lah klo berada di sekitar anak2 jalanan!!
kita liat mereka itu sbg sodara kita jngn melihat sebagai anak2 yg ga berguna,anak2 yg bikin supek,dan yg jelek2 laenya tentang anak2 jalanan!!
krn sebenarnya banyak koq anak2 jalanan yg berprestasi di bidang musik!!
contohnya bang iwan fals sebelum beliau menjadi seperti skrng ini beliau pernah hidup di jalanan untuk mencari sesuap nasi!!

wahjoe mengatakan...

kasihan yak . . .
kita bisa enak2an blog di depan PC, sodara2 kita yg lain malah berjuang hidup . . .

ditunggu kedatanggannya di blog ane ya sob

uchu mengatakan...

sangat tragis negara Kita Ini. semua ini harus di rubah.

Anonim mengatakan...

mlaaaass caaaaaaaaa..........

Blogger mengatakan...

pembangunan di negeri ini banyak disalah gunakan,
menguntungkan beberapa fihak...huhft..
akankah negeri ini bangkit kembali
sukses sobat!

Anonim mengatakan...

setiap masa pasti ada orangnya dan setiap orang pasti ada masanya.

biarkanlah sekarang mereka senang diatas penderitaan anak jalanan, tapi suatu saat roda kehidupan pasti akan berputar.
PISS LOVE for anak jalanan....

ap@chers mengatakan...

Kalau di perhatikan sangat miris perbedaan ekonomi di indonesia khususnya di jakarta yang dengan predikat kota metropolitan yang megah.....

Disamping terus bertambahnya kekayaan para penguas mereka tak melihat rakyatnya yang semakin kelaparan....coba para penguasa itu merasakan 1 minggu saja hidup di jalanan agar mereka tahu bagaimana kerasnya hidup di jalanan

Posting Komentar