Selamat jalan franky

Pada hari Rabu 20 April 2011, Franky Sahilatua meninggal dunia karena sakit. "Selamat Jalan Franky", begitulah cachet yang diketik Iwan Fals di akun twitternya. Franky adalah penyanyi legendaris yang sangat populer di Indonesia. Bersama adiknya Jane, Franky kerap menyanyikan lagu bertema alam dan kehidupan. Banyak karyanya yang masih sering dinyanyikan sampai sekarang.

Iwan Fals adalah salah satu penyanyi yang beberapa kali berkolaborasi dengan Franky Sahilatua. Dan rata-rata lagu karya mereka berdua cukup populer. Franky juga pernah memberi lagu untuk dinyanyikan Iwan, begitu juga sebaliknya. Berikut beberapa lagu yang berhubungan dengan Franky Sahilatua dan Iwan Fals.
KEMESRAAN (1988)
Siapa yang tidak mengenal lagu ini. Lagu ini adalah karya dari Franky dan Jhony Sahilatua yang pada awalnya dinyanyikan oleh affiliation legendaris Franky & Jane. Namun pada masa itu lagu ini tidak terlalu populer. Kemudian Iwan Fals ditawari untuk menyanyikan kembali bersama Titiek Hamzah. Lagi-lagi karya ini tidak terlalu dikenal. Baru kemudian pada tahun 1988 lagu ini dinyanyikan bersama-sama penyanyi lain yang tergabung dalam Musica Studio seperti Chrisye (alm), Rafika Duri, Betharia Sonata dan sebagainya yang menjadi lagu yang populer dan legendaris. Lagu Kemesraan versi terakhir ini adalah titik awal populernya lagu gaya ‘keroyokan’ di Indonesia yang saat itu memang sedang menjadi trend. Karya ini sampai sekarang seperti menjadi lagu ‘wajib’ pada berbagai acara seremonial.
TERMINAL (1994)
Lagu ini karya Iwan Fals yang dinyanyikannya bersama Franky Sahilatua dan musik oleh Ian Antono. Kabarnya individual ini dimunculkan sebagai rasa terima kasih Iwan Fals kepada Franky S yang pernah memberikan lagu Kemesraan untuk dinyanyikannya.
ORANG PINGGIRAN (1995)
Single yang dinyanyikan Iwan Fals bersama Franky ahilatua dan musik oleh Ian Antono. Merupakan lanjutan kerjasama mereka setelah meluncurkan individual Terminal yang sukses dipasaran.
DIBAWAH TIANG BENDERA (1996)
Dari historynya lagu ini tidak direkam untuk diedarkan secara komersial, melainkan hanya dibuat klipnya sebagai proyek "penyuluhan" bagi masyarakat. Proyek ini dibiayai oleh dua perusahaan rokok besar dari Jawa Timur. Klipnya mengambil ambience di Gunung Bromo Jawa Timur. Lagu ini diciptakan pada tahun 1996, dengan latar belakang peristiwa 27 Juli. Dinyanyikan oleh Iwan Fals, Franky dan artis Musica. Musik oleh Ian Antono.
MENANGIS (1999)
Lagu ini adalah karya Iwan Fals yang kemudian dinyanyikan sendiri oleh Franky Sahilatua.
BUNGA KEHIDUPAN
Ini lagu karya Iwan Fals yang musiknya dikerjakan oleh Ian Antono. Lagu ini dinyanyikan oleh 'Kelompok Solidaritas' yang merupakan kumpulan artis-artis Musica. Disini Franky juga ikut bernyanyi pada beberapa allurement liriknya

Franky Hubert Sahilatua (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 16 Agustus 1953 – meninggal di Jakarta, Indonesia, 20 April 2011 pada umur 57 tahun) adalah penyanyi balada asal Surabaya, Indonesia. Franky memiliki dua adiknya yaitu Jane Sahilatua dan Johnny Sahilatua.Namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Affiliation ini sempat menghasilkan lima belas album, semuanya di bawah Jackson Record.
Setelah affiliation ini mengakhiri kerja samanya, karena Jane kemudian menikah dan hendak memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier.
Lirik lagu karya Franky pada masa Franky & Jane cenderung pada pemujaan alam pada awalnya, misalnya pada lagu Musim Bunga dan Kepada Angin dan Burung. Namun demikian, seperti kebanyakan penulis lagu balada lain, Franky gemar pula "bercerita" mengenai kehidupan orang sehari-hari, seperti Perjalanan atau Bis Kota. Franky pernah menulis dan menyanyikan lagu-lagu soundtrack untuk blur Ali Topan.
Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, Franky banyak terlibat dalam aksi-aksi panggung bertema sosial dan nasionalisme. Ia aktif terlibat dalam masa peralihan politik dari Orde Baru menuju Reformasi.


0 komentar:

Posting Komentar